Pembodohan massal (Jihad jadi komoditi diskusi)

Pembodohan massal (Jihad jadi komoditi diskusi)

Dalam dialog Interaktif pada acara Dua Jam Saja, Rabu pagi, 3 Oktober 2001, 0600-0800, bersama Menteri Agama Sayid Aqil Munawar dan seorang habib, TVRI menyajikan topik/tema tentang “Masalah Jihad”.

Baik Menteri Agama, Habib maupun pewancara, disadari atau tidak, tampaknya dengan sengaja :

Pertama membicarakan Jihad terlepas dari konteks situasinolnya yang menyebabkan timbulnya seruan jihad ummat Islam sedunia. Presiden AS George W Bush menyatakan “Perang Salib dimulai lagi”. Masyarakat dan Media Informasi AS dan sekutunya serta amerta melancarkan tudingan bahwa pelaku terror itu adalah ummat Islam. Padahal Amerika itulah Biang Teroris. AS dan sekutunya taanpa konsultasi lebih dulu dengan Dewan Keamanan PBB telah menggalang kekuatan militer untuk menyerang Taliban Afghanistan. Padahal Taliban belum tentu terbukti bersalah. Sikap Diktator Demokrasi negara adi-kuasa AS dan sekutunya ini tak pernah dikecam.

Kedua, berupaya melansir pemisahan politik dari Islam. Seruan jihad MUI kepada ummat Islam sedunia dinilai telah memasuki wilayah politik praktis, telah melampaui wewenangnya, telah mengambil alih wewenang pemerintah cq Menteri Agama.

Ketiga, berupaya melansir bahwa semua agama itu adalah baik. Apakah hanya baik menurut kategori Menteri Agama sendiri, ataukah memang baik menurut kategori universal. Apakah disisi Allah juga baik, agama yang mempersekutukan Allah, yang tidak mengakui “La ilaha illallah” ?

Keempat, berupaya meyakinkan bahwa keamanan dalam negeri sangat mempengaruhi kunjungan wisatawan mancanegara. Pariwisata merupakan salah satu primadona pemasukan kas negara. Tak pernah membicarakan kerugian, kerusakan bangsa akibat dampak negatif dari perilaku wisatawan itu terhadap agama, moral, nilai, budaya bangsa. Pokoknya asal duit masuk, tak peduli dengan kehancuran moral, tata-nilai, budaya bangsa.

Kelima, berupaya meluaskan pengertian jihad. Bahwa jihad itu mencakup menegakkan kebenaran. Tapi sama sekali tak pernah menjelaskan tentang kebenaran itu.Mana yang benar, dan mana yang salah. Apakah hanya benar menurut kategori Menteri Agama, ataukah benar menurut kategori universal. Apakah ada kebenaran selain dari yang datang dari Allah, selain dari yang dinyatakan Qur;an ? Apakah benar mendukung AS dan sekutunya untuk menyerang Afghanistan tanpa konsultasi dengan Dewan Keamanan PBB. Apakah benar stigma AS dan sekutunya yang menuding pelaku terror itu adalah ummat Islam. Tak pernah berupaya menyeru pemerintah untuk menyampaikan kebenaran (kalimatul haq) kepada Pemerintah dan Masyarakat AS beserta sekutunya, kepada Pemerintah dan Rakyat Afghanistan. Janganlah jadikan “jihad” hanya sebatas “komoditi” perbincangan diskusi.Jihad itu adalah pintu ke syahid.

Seyogianya dengan berpangkal pada Qur:an surah Maidah ayat 8 menyampaikan seruan kepada seluruh manusia yang cinta “Liberte, Egalite, Fraternite” agar bersama-sama bersatu-padu melawan, menantang tindak arogan agresor ne-imperialis Amerika Serikat dan sekutunya dengan memboikot seluruh produksinya, tidak membeli, tidak memakai, tidak menggunakan, tidak memnjual maakanan, pakaian, perabotan produksi Amerika Serikat dan sekutunya.

Secara garis besar (ideologis-politis-militer), manusia di dunia terdiri dari dua kelompok. Perta, kelompok kawan. Kedua, kelompok lawan, yaitu semua kaum kuffar, baik Yahudi, Nasrani, Majusi (QS 4:101). Islam memerintahkan agar memperlakukan lawan itu sebagai lawan, bukan memperlakukan lawan sebagai kawan (QS 60:1). Kaum kuffar di mana saja, kapan saja, sama saja, sama-sama tak bersahabat dengan Islam (QS 2:120). Senantiasa antipati terhadap Islam. Islam hanya semata-mata karena Islam (QS 5:59, 7:126, 85:8). Tak akan pernah diam melakukan aksi rekayasa untuk memojokkan citra Islam, menuding Islam sebagai biang petaka (Q

1

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: