Himbauan kepada Amien Rais

Himbauan kepada Amien Rais

Pertama, Amien Rais harus menyadari bahwa dirinya adlah salah seorang – kalau bukan figur utama – yang diharapkan umat jadi pemimpin mereka, sekaligus pemimpin bangsa. Dan sebagai pemimpin umat, identitas, lagak dan lagu Amien tentu harus sesuai dengan persepsi para pendukung.

Kedua, upaya menampilkan diri sebagai sosok lain – bukan seperti yang selama puluhan tahun dikenal luas oleh umat – demi untuk meraih simpati Barat dan pihak lain, adalah pekerjaan mubazir. Bahkan kontra produktif. Di satu sisi, dukungan Barat dan pihak lain tak kunjung datang (karena mereka kenal betul sosok Amien), sementara sebagian umat mulai bingung dan ragu. Perolehan suara PAN pada pemilu lalu adalah salah satu indikasi kuat sinyalemen tersebut. Untuk meraih simpati dan dukungan pihak lain tak perlu dengan beraksi macam-macam, tapi cukup menegaskan identitas Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin melalui akhlak politik dan sosial. Bukankah Nabi saw dan para sahabatnya bangga menegaskan identitas keIslaman mereka, sembari pada saat yang sama mencontohkan akhlakul karimah ?

Ketiga, tidak ada salahnya Amien Rais mengakui bahwa pendiriannya menjadikan PAN bukan sebagai partai Islam, boleh jadi sebagai ijtihad yang keliru. Bahkan akan sangat ideal sekali kalau Amien berani memelopori untuk membubarkan PAN, lalu melebur dengan partai-partai Islam lain. Kita percaya, kalau itu terjadi, Amien akan tetap tampil sebagai pemimpin. Bukankah dulu hampir semua partai Islam seperti PPP, PBB dan PK sempat menwarkan Amien jadi pemimpin mereka ? Tak ada salahnya, kalau kini Amien dengan rendah hati mengajak mereka bergabun g bersama dalam barisan yang kokoh Seruan M Zainal Muttaqin, dalam SABILI, No.18, Th.VII, 23 Pebruari 2000, hal 80 , Sekitar Kita : “Kembali Kepada Jati Diri”).

Advertisements
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: