Jadikan Qur:an sebagai Konstitusi

Jadikan Qur:an sebagai Konstitusi

Di kalangan user (pengguna, praktisi) komputer terdapat istilah instal dan uninstal. Sebelum Sistim Operasi yang baru diinstal, maka terlebih dulu Sistim Operasi yang lama haruslah diuninstal. Selama Sistim Opoerasi yang lama masih belum diuninstal, maka Sistim Operasi yang baru tak akan bisa diinstal.

Di dalam hidup berbangsa bernegara, selama sistim, konstitusi pemerintahan yang lama masih belum dinyatakan tak berlaku lagi, maaka sistim, konstitusi pemerintahan yang baru tak akan bisa dibertlakukan. Di Pakistan dan Iran, misalnya, syari’at Islam baru bisa diberlakukan, setelah lebih dulu diproklamirkan Negara Islam, dan setelah konstitusi yang lami dibekukan, dan diganti dengan konstitusi baru yang Islami. Sebelum mengambil syari’at Islam sebagai panduan/dasar hidup bermasyarakat, bernegara, maka terlebih dulu haruslah Negara Islam diproklamirkan, dan haruslah dibuang, dibasmi, dikikis seluruh panduan masyarakat yang berasal dari isme, ideologi, falsafah, konsep (lokal, regional, internasional) di luar Islam (Ahlul Irfan SPd MM : “Revolusi Permanen”, Buletin NADZIR, Edisi 5, Mei 2001).

Di Indonesia, Kartosuwirjo berhasil memproklamirkan Negara Islam Indonesia pada tanggal 27 Agustus 1948 yang kemudian didukung oleh Daud Bereueh dari Aceh, Kahar Muzakar dari Sulawesi Selatan, Ibnu Hadjar dari Kalimantan Selatan, meskipun Umar Abduh (mantan Tapol Woyla) menyatakan bahwa yang dilakukan Kartosuwirjo dengan proklamasi prematurnya merupakan suatu kegagalan, suatu pembaruan (bid’ah) terhadap Pigam Madinah (SABILI, No.16, 31 Januari 2001, hal 6-7, Rosail).

“Sepuluh perintah Tuhan” (Ten Commandments) – menurut CC Rodee – dapat dimasukkan dalam hukum (dijadikan Konstitusi) (Program Penyetaraan D/II Guru SD, hal 402).

Advertisements
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: