Membakar mercon (petasan) dilingkungan orang berpuasa.

Membakar mercon (petasan) dilingkungan orang berpuasa.

Masyarakat tidak bisa berbuat, hanya bisa berharap. Mengharapkan aparat keamanan (petugas kepolisian) untuk dapat bertindak tegas terhadap penjual, pengedar dan pembakar mercon (petasan). Masyarakat sangat terganggu dengan suara ledakan mercon (petasan) tersebut, baik siang maupun malam. Melakukan ibadah terganggu tidak bisa tenang (tidak bisa khusyu’), karena mercon(petasan) juga diledakkan di sekitar tempat-tempat ibadah, di dalam pekarangan mesjid. Tidur susah, tidak bisa istirahat akibat kaget mendengar bunyi ledakan itu, yang diledakan di sekitar pemukiman. Mereka yang dirawat di rumah sakit yang mengidap penyakit jantung kaget-kagetan terus setiap mendengar ledakan mercon (petasan), bahkan bisa berakibat fatal baginya.Mercon (petasan) itu tetap saja diledakkan, apa lagi penjualnya bebas bertebaran di mana-mana.

Mereka yang keranjingan dengan perbuatan yang sia-sia ini bukan hanya terbatas pada anak-anak, melainkan juga orang dewasa, dan yang tua. Setiap tahun, sangat banyak malapetaka yang ditimbulkan akibat meledakkan petsan yang tidak islami ini. Banyak mereka yang cidera sederhana maupun serius, seperti putus jari tangan, buta mata sebelah, dan luka-luka yang lainakibat terkena ledakan petasan yang dibakarnya atau yang dilemparkannya.

Gangguan ledakan petasan ini sering juga dialami oleh mereka yang sedang brjalan kaki atau mengendarai kendaraan di jalan raya, sewaktu-waktu berpapasan dengan gerombolan-gerombolan yang membunyikan petasan. (Burhanuddin Daya : “Puasa yang Tenang dan Pesta Petasan”, SUARA PEMBARUAN, Senin, 27 November 2000, hlm 16).

Permasalahan :

1 Katakanlah : Berperang pada bulan itu (Haram) besar (dosanya), tetapi menghalangi jalan Allah, kafir kepada Allah, (melarang) masuk Masjidil Haram dan mengusir penduduknya dari masjid itu, lebih besar (dosanya) di sisi Allah. Fitnah itu lebih bessar (doisanya) dari pembunuhan (QS Baqarah 2:217).

Arti fitnah : siksaan, azab, cobaan, ujian, tindasan. Termasuk ke dalam fitrnah : intimidasi, provokasi, agitasi, teror. Pembuat susah, pembuat sesal, pembuat kesal, pembuat sebal, pembuat dongkol, pembuat jengkel, pembuat onar,perusak, penyiksa, pemakar, penindas juga termasuk ke dalam pengertian fitnah.

2 Dalam bulan Ramadhan, ummat Islam diajar untuk meningkatkan kesabaran, menahan diri, tidak cepat marah, tidak emosional (dalam menghadapi onar, makar, anarki ?).

“Kalau ada yang memaki-makimu, atau yang hendak berbuat jahat kepadamu, beritahukanlah kepadanya : Saya puasa” (HR Khuzaiamah, Ibnu Hibban dan Hakim dari Abu Hurairah).

3 Di sembarang waktu, ummat Islam diajar untuk mencegah kemungkaran dengan kekuatan tangan (secara paksa, dengan kekerasan, baik saat puasa, haji, i’tikaf ?).

“Harus kamu menganjurkan kebaikan dan mencegah munkar. Kalau tidak, pasti Allah akan menurunkan siksa padamu” (HR Tirmidzi dari Hudzaifah).

4 Membakar mercon (petasan) dalam bulan Ramadhan di lingkungan orang berpuasa adalah mengganggu ketenangan, ketenteraman, kemanan orang berpuasa itu sendiri.

5 Menganggu ketenangan orang berpuasa, apakah termasuk ke dalam kemunkaran yang harus dicegah dengan tangan (paksaan, kekertasan, oleh penguasa, aparatur negara ?).

6 Demi kesabaran, apakah membakar mercon (petasan) di lingkungan orang berpuasa, tidak perlu dicegah secara paksa ? Cukup dibiarkan saja demi menunjukkan kesabaran ?

7 Mencegah secara paksa yang mengganggu ketenangan orang berpuasa, apakah merusak puasa ? Agar puasa tidak rusak, biarkan sajalah perbuatan membakar mercon (petasan) ?

= Bekasi 1 Desember 2000 =

asrir

1

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: