Simalakama Dilemma Aceh

Simalakama Dilemma Aceh

Selama masih mensakralkan, menkuduskan bentuk negara kesatuan RI, hanya tersedia jalan untuk penyelesaian masalah Aceh, yaitu jalan kekerasan, seperti yang dilakukan oleh Jenderal Ahmad Yani menumpas PRRI di Sumatera Barat dan PERMESTA di Sulawesi Utara dengan menggunakan seluruh kekuatan Pasukan Gerak Cepat dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara dalam waktu secepat mungkin dan dengan risiko seminimal mungkin, baik risiko korban harta benda, mau pun risiko korban nyawa.

Tapi kalau mau menempuh jalan damai, pun hanya mungkin diwujudkan, bilamana disepakati bentuk negara serikat RI, di mana Aceh termasuk salah satu negara bagian RI yang hanya memiliki kedaulatan ke dalam, dan bukan memiliki kedaulatana ke luar.

Aceh adalah satu-satunya wilayah Nusantara yang memiliki latar sejarah yang sangat berbeda dengan wilayah Nusantara lainnya. Hanya Aceh yang paling terakhir dapat ditaklukkan oleh kolonialis Belanda, yaitu pada perempat akhir abad ke-19.

Penganut aliran Kemanusiaan (Humanisme) berkata : “Aku kebetulan dilahirkan sebagai bangsa Indonesia. Untuk sesuatu yang kebetulan aku tidak akan mengorbankan jiwa dengan kemauanku sendiri. Kebangsaan adalah sesuatu yang sangat terbatas untuk ada harganya mengurbankan jiwa untuknya”. “Kemanusiaan hanya memperhatikan dan mempertahankan jiwa maanusia dan jiwa satu manusia pun tak mau ia mengerubankannya untuk kepentingan apa pun”. “Dan jiwa satu manusia lebih berharga dari jiwa negara sekali pun”.

Sebaliknya penganut aliran Kebangsaan (Nasionalisme) berkata : “Kemanusiaanku kukorbankan. Dan sekarang ini jiwa dan ragaku sendiri. Kupaksa diriku menjalani kekejaman dan pembunuhan agar orang bisa menikmati kedamaian dan kemerdekaan” (HB Jassin : “Kesusasteraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Essay”, 1954:220-221).

Advertisements
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: