Kepekaan Sosial

Kepekaan Sosial

Pembukaan UUD-45 mengamanatkan pemerintah Indonesia agar memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa. Jiwa dan semangat Pasal 33 UUD-45 menghendaki agar semua produksi dan faktor produksi serta hak-milik perseorangan haruslah mempunyai fungsi sosial, untuk sebesar-besarnya kemakmuran bersama.

Islam menghendaki agar masing masing memiliki kepekaan sosial. Agar masing-masing memikirkan, memperhatikan, mengupayakan peningkatan keadaan sosial-ekonomi-budaya bersama (QS Hujurat 49:13). Agar masing-masing memanfa’atkan sebagian rezeki, penghasilan, pendapatan, kekayaan, kepintaran, kesempatan, kekuatan, kemampuan untuk kepentingan bersama (QS Baqarah 2:3). Menabur, menebar jasa. Menyebarkan beragai kebajikan dan kebaikan.

Namun semuanya itu tinggal dalam impian. Tak pernah terwujud dalam kenyataan. Pemerintah, penyelenggara negara, baik Presiden dan para Menterinya, Ketua MPR dan para angotanya, semuanya sama sekali tak punya kepekaan sosial. Menghabiskan wang milyaran rupiah untuk kunjungan beberapa hari ke luar negeri di tengah-tengah rakyat banyak yang kesulitan mendapatkan wang serikbu rupiah satu hari dianggap wajar. Tak pernah terbayangkan berapa jumlah para orang terlantar dapat diselamatkan dengan wang milyaran rupiah itu (tak ada keinginan untuk melaksanakan amanat UUD-45 pasal 34 agar merubah nasib orang terlantar). Yang dijadikan alasan pembenarannya adalah bahwa dengan kunjungannya ke luar negeri itu akan (das sollen) mengalir modal dari luar negeri triliyunan rupiah untuk membuka lapangan kerja dan untuk meningkatkan pendapatan rakyat banyak. Apa benar untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat banyak, atau hanya untuk keuntungan para pemodal dan suruhannya (pejabat negara) ?

Selama pejabat dan penyelenggara negara tak punya mental kepekaan sosial, maka tak akan pernah terwujud masyarakat aman makmur, maysarakat adil makmur walaupun hanya untuk waktu sesaat. Semoga semuanya menyadari tugas dan tanggungjawabnya sebagai abdi negara.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: