Sabar Menghadapi Imam Zhalim

Sabar Menghadapi Imam Zhalim

Hai-hai orang-orang yang beriman, penuhilah janji-janji QS Maidah 5:1).

Sungguh akan terangkat beberapa Amir (Penguasa) yang kamu kenal kebaikan dan kejahatan mereka. Maka siapa yang membenci dalam hatinya berarti telah bebas, dan siapa yang menentang berarti selamat. Sebaliknya siapa yang rela dan mengikut, maka itulah yang binasa. Selama mereka masih melakukan sembahyang tidak boleh diperangi (HR Muslim dari Ummu Salamah).

Siapa yang membenci sesuatu dari pemerintahnya hendaknya sabar. Sungguhnya siapa yang keluar dari pemerintahnya walau sekedar satu jengkal, kemudian ia mti, mati dalam jahiliyah (HR Bukhari, Muslim dari Ibnu Abbas).

Dan demikianlah Kami jadikan sebagian orang-orng yang zhalim itu menjadi pemimpin bagi sebagian yang lain disebabkan apa yang mereka usahakan (QS An’am 6:129).

Tak akan jaya suatu bangsa, kalau yang memerintahnya perempuan (HR Bukhari dari Abi Bakrah).

Hai orang-orang yang briman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu. Mereka tidak henti-hentinya menimbulkan kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi (QS Ali Imran 3:118).

Orang Mukmin tak akan tersandung dua kali pada batu yang sama (HR Bukhari).

Imam Abu Hanifah menyatakan, bahwa keimaman (kepemimpinan seorang |Kepala Negara) yang zhalim bukan saja batal, tetapi lebih dari itu, dibolehkan melakukan pemberontakan (bughat) terhadapnya. Bahkan seyogianya hal itu dilakukan dengan syarat pemberontakan itu memiliki faktor untuk dapat berhasil dan berfaedah dengan seorang (Kepala Negara) yang adil dan baik sebagai pengganti pemimpin yang zhalim dan fasik, dan bukan semata-mata memecah-belah kekuatan dan menghilangkan nyawa (Abu A’la al-Maududi : Khilafah Dan Kerajaan”, 1984:133,335-336).

1

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: